9 Sumber Makanan Tinggi Omega-3 Manfaat Terhadap Kesehatan

9 Sumber Makanan Tinggi Omega-3 Manfaat Terhadap Kesehatan


9 Sumber Makanan Tinggi Omega-3 Manfaat Terhadap Kesehatan

Asam lemak Omega-3 merupakan elemen penting bagi tubuh, dan tanpa omega-3 yang terlalu lama dapat menyebabkan kondisi inflamasi atau peradangan dalam tubuh yang memicu terhadap mutasi sel  pemicu  kanker, penuaan dini, dan rentan terhadap berbagai macam penyakit akan muncul akibat kekurangan asupan omega-3 tersebut.

Berikut ini daftar makanan tinggi kadungan omega-3 ini sebagai salah satu cara untuk memastikan Anda dapat memenuhi kebutuhan harian Anda untuk hidup sehat dan aktif :

Makanan Tinggi Omega-3 Sumber Nabati


1. Buah Kenari


Buah Kenari mungkin bukan kacang yang paling populer ketika ngemil, akan tetapi buah kenari kaya akan asam lemak omega-3 dan menjadi sumber asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat.

Buah Kenari memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan asam lemak esensial dalam kenari memberikan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kenari mengandung mineral seperti mangan, tembaga, kalium, kalsium, besi, magnesium, seng, dan selenium. Rupanya, mineral-mineral ini sangat membantu dalam kegiatan metabolisme seperti pertumbuhan, perkembangan, generasi sperma, pencernaan dan sintesis asam nukleat.

Senyawa fenolik polifenol, zat fitokimia dan antioksidan yang ditemukan dalam kenari bisa mengontrol sel kanker, dan mengurangi efek peradangan dalam tubuh pada manusia.

2. Sayuran Kale


Sayur kale yang merupakan keluarga kubis. Bila dikonsumsi rutin, kale mampu menahan tubuh dari kanker dan ampuh menurunkan kolesterol. Selain kaya omega-3, serta meningkatkan asupan serat dan antioksidan jenis karotenoid dan flavonoid, kale juga sarat mineral, vitamin A, C dan K. Hadirnya kalsium dalam sayuran kale juga lebih cepat diserap dalam tubuh dari pada kalsium susu. Efeknya tentu saja pencegahan osteoporosis dan radang sendi.

Dalam pengelolaan berat badan adalah Sayuran rendah kalori dan memoliki serat sebanyak 1,3 gram pada selembar kale mampu mencukupi kebutuhan serat yang membuat Anda kenyang lebih lama dan melancarkan metabolisme.

Tidak hanya obat untuk penyakit, kale juga memiliki sifat baik menjaga kecantikan kulit. Hijau daun, antioksidan, zat besi, vitamin C, dan E yang mendorong produksi kolagen pencegah keriput. Zat besi yang terkandung membuat rambut lebih kuat dan lebih cepat tumbuh memiliki manfaat untuk keindahan rambut Anda.

3.  Sayur Bayam


Bayam memiliki banyak terjadi untuk itu, tinggi zat besi, kalium, dan mineral penting lainnya, dengan protein dan serat untuk kesehatan secara keseluruhan. Apa banyak yang tidak menyadari adalah bahwa hal itu juga merupakan sumber omega-3. Ada tanaman sumber omega-3, dan bayam adalah salah satunya. Mungkin itu sebabnya itu sering dikaitkan dengan menjadi bermanfaat untuk mencegah kanker dan penyakit jantung, dan sering dipromosikan sebagai salah satu makanan sehat yang Anda bisa makan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi dalam sayuran hijau gelap seperti bayam terkait dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Satu studi telah menunjukkan bahwa konsumsi yang lebih tinggi dari bayam untuk dihubungkan dengan kejadian yang lebih rendah dari kanker payudara. Studi lain menemukan bahwa salah satu antioksidan dalam bayam melambat kanker prostat pada hewan serta sel-sel kanker prostat manusia.

4. Daun anggur


Daun anggur mungkin tidak menjadi bagian dari menu biasa Anda, tetapi jika Anda mencari untuk meningkatkan asupan omega-3, Anda mungkin ingin memulai memiliki mereka secara lebih teratur. Manfaat kesehatan lainnya juga, seperti  rendah pada Glycemic Index, dan membantu Anda tetap diet anti-inflamasi.

5. Biji Chia


Biji chia menyediakan jumlah yang sangat baik mengandung 60 persen omega-3 sehingga menjadi sumber nabati yang kaya yang dapat mengurangi peradangan dan kolesterol tinggi. Manfaat lainnya, seperti memberikan Anda sumber serat yang baik, mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, membantu menjaga kadar gula darah Anda. Mengandung mineral penting seperti mangan dan fosfor, sambil menyediakan Anda dengan protein tambahan. Kaya antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, anti penuaan dan kanker.

6. Biji Flax


Minyak biji flax memang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Biji flaxseed kaya akan serat, namun asam lemak omega-3 hanya bisa didapatkan melalui minyak biji flax.


Makanan Tinggi Omega-3 Sumber Hewani


7. Ikan Salmon


Ikan Salmon adalah salah satu sumber yang kaya akan omega-3 lemak esensial, serta eicosapentaenoic, dan asam docosahexaenoic. Selain kaya akan kadungan lemak esensial salmon juga mengandung vitamin dan mineral seperti Asam amino, zat besi, kalsium, selenium, vitamin A, B, dan D.
Asam lemak omega-3 pada salmon adalah salah satu nutrisi yang menunjang kesehatan fungsi otak. Penyakit Alzheimer pun bisa dicegah dengan makan ikan salmon. Selain itu, konsumsi ikan salmon dikaitkan dengan penurunan stres dan depresi.

Asam amino yang terdapat pada ikan salmon dapat menjaga kesehatan persendian, memaksimalkan fungsi insulin, dan mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.

Beberapa nutrisi penting dalam salmon adalah zat besi, kalsium, selenium, vitamin A, B, dan D. Semua nutrisi itu berperan dalam pembentukan jaringan, rambut, enzim, hormon, dan kuku.

Ikan Salmon tak mengandung karbohidrat sehingga ikan ini bisa menjadi menu diet rendah karbohidrat.

8. Ikan Tuna


Tuna merupakan salah satu sumber omega-3 yang Anda mungkin sudah tahu tentang. Ini salah satu yang lebih mudah tersedia makanan, dan sesuatu yang Anda dapat dengan mudah memiliki secara teratur. Pilihan terbaik nutrisi Anda , karena ini adalah protein berkualitas tinggi yang akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan membangun otot. Hanya pastikan untuk mengawasi asupan tuna Anda secara keseluruhan, karena mengandung cukup banyak merkuri, yang dapat mengimbangi manfaat yang Anda dapatkan dari omega-3.


9. Ikan Sarden


Selain kaya akan omega-3 Kandungan Nutrisi lain pada ikan Sarden yaitu protein, lemak, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng. Vitamin dalam sarden meliputi thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, vitamin B12, A, D, E dan vitamin K. Asam lemak, vitamin dan mineral dapat membantu dalam pencegahan berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat ikan sarden bagi kesehatan meliputi pencegahan penyakit jantung, beberapa jenis kanker dan degenerasi makula atau kondisi yang terkait usia. Makan Ikan sarden dapat membantu untuk menguatkan tulang, membangun sistem kekebalan tubuh, resistensi insulin dan peremajaan kulit. Nutrisi yang ditemukan dalam ikan sarden bertanggung jawab atas manfaat kesehatan yang begitu besar.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak Omega-3 seperti EPA atau Eicosapentaenoic Acid dan DHA atau Docosahexaenoic Acid memecah kolesterol jahat LDL dalam tubuh dan membantu dalam mencegah penyakit jantung. Omega-3  juga dikenal untuk memecah plak pada arteri yang menghambat arteri, dan meningkatkan tekanan darah. Dengan membersihkan plak, asam lemak ini juga akan membantu mengontrol tekanan darah.

Penelitian tentang Kanker telah menunjukkan bahwa asupan kalsium dan vitamin D dapat sangat membantu dalam mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker kolorektal. Dan sarden adalah salah satu sumber terbaik kalsium dan vitamin D.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa resistensi insulin dapat dikurangi dengan mengkonsumsi ikan sarden, protein yang ditemukan dalam ikan sarden telah terbukti efektif dalam mengurangi resistensi insulin, jika dibandingkan dengan protein kasein.



Itulah beberapa sumber makanan yang kaya kandungan omega-3 dan manfaatnya terhadap kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "9 Sumber Makanan Tinggi Omega-3 Manfaat Terhadap Kesehatan"

Posting Komentar