Manfaat Warna Makanan Diet Terhadap Kesehatan

Warna Buah dab sayuran dan manfaat bagi kesehatan

Warna makanan dari diet kita terutama sayuran dan buah-buahan memberikan asupan antioksidan, dan anti penuaan. Sehingga sangat baik untuk kesehatan terutama mencegah kanker bukan semata-mata penentu kalori untuk pengelolaan berat berat badan.

Manfaat Warna Makanan Diet Terhadap Kesehatan

Warna merupakan indikator yang cukup akurat untuk mengetahui ragam kandungan  fitonutrisi. Masing-masing warna memiliki kandungan dan efek yang berbeda pula jadi jangan memilih hanya karena berdasar  kandungan antioksidan tertinggi saja. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa kita sebaiknya rutin mengkonsumsi beragam sayuran dan buah serta menggunakan rempah-rempah sebagai bumbu wajib disetiap masakan untuk memperoleh  berbagai macam manfaat tersebut.

Sebuah sistem kode warna dapat membantu konsumen mengubah pola diet untuk memasukkan lebih banyak buah dan sayuran dengan memasukkan satu porsi dari masing-masing tujuh kelompok warna setiap hari antara lain: 

1. Wana Merah

Mengandung fitokimia mengandung lycopene. Manfaat terhadap kesehatan mampu mengurangi resiko kanker, mencegah infeksi saluran kemih, meningkatkan sistim imun, melawan infeksi, menjaga kesehatan jantung seprti tomat dan produk tomat seperti jus, sup, pasta dan saus. 

2. Merah ke Ungu-unguan 

Mengandung fitokimia Anthocyanins, Polyphenols. Manfaat terhadap kesehatan memperkuat tulang, menjaga kesehatan otak, menjaga kesehatan mata, anti aging, mematikan sel kanker. Terdapat pada anggur, blackberry, anggur merah, raspberry, blueberry. 

3. Orange 

Mengandung fitokimia Alpha and Beta, Carotene. Manfaat terhadap kesehatan menghambat terjadinya kanker, meredakan peradangan, menyehatkan saluran cerna, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memaksimalkan pertumbuhan badan contohnya wortel, mangga, labu. 

4. Orange-kuningan

Mengandung fitokimia Beta Cryptoxanthin, Flavonoids. Manfaat terhadap kesehatan  mengandung vitamin C yang baik melindungi sel tubuh seperti melon, peach, jeruk, pepaya, jeruk. 

5. Kuning-hijauan

Mengandung fitokimia Lutein, Zeaxanthin. Manfaat terhadap kesehatan yaitu baik untuk kesehatan mata, meningkatkan sistem imun terdapat pada bayam, alpukat, melon. 

6. Hijau

Mengandung fitokimia Glucosinolates, Indoles. Manfaat terhadap kesehatan meransang lever untuk membuat komponen yang mampu mencegah kimiawi penyebab kanker, menurunkan resiko stroke, menurunkan kolesterol jahat, mematikan sel kanker. Terdapat pada brokoli, bokchoi, kubis. 

7. Putih-Hijau

Mengandung fitokimia Allyl sulfides. Manfaat terhadap kesehatan melindungi membran sel, meredakan asthma, meningkatkan sistem imun, mematikan sel kanker terutama rahim dan usus, memperkuat tulang. Terdapat pada daun bawang, bawang putih, bawang merah, daun bawang.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah dan sayuran dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh, fitosterol yang membantu menurunkan kolesterol jahat..

Dengan mengkonsumsi buah,  sayuran serta biji-bijian secara rutin terbukti dapat meningkatkan  kualitas  kesehatan secara signifikan, menurunkan resiko seluruh jenis kanker, memperpanjang usia,  dan masih banyak lagi manfaat luar biasa lainnya.

Nah dari sini kita dapat menarik kesimpulan bahwa pentingnya mengkosumsi buah dan sayuran setiap harinya. Teriama kasih telah membaca manfaat warna makanan diet terhadap kesehatan. Semoga bermanfaat

0 Response to "Manfaat Warna Makanan Diet Terhadap Kesehatan"

Posting Komentar