8 Peranan Lemak Sebagai Bagian dari Makronutrisi

8 Peranan Lemak Sebagai Bagian dari Makronutrisi

Memenuhi asupan lemak saat diet adalah hal yang wajib dan bukan malah dihindari sama sekali mempunyai peranan bagi kesehatan terutama lemak esensial yang tubuh sendiri tidak dapat memproduksinya hanya dapat dari sumber makanan yang dikosumsi. Untuk membantu tubuh agar fungsi-fungsi organ tubuh dapat berjalan secara optimal.


8 Peranan Lemak Sebagai Bagian dari Makronutrisi 

1. Sumber dan Cadangan Energi .

Dengan mengkosumsi lemak dalam jumlah yang wajar dan sumber yang tepat, sebagai sumber dan cadangan energi untuk proses metabolisme tubuh supaya tubuh kita terhindar dari kelelahan yang kronis.

2. Membantu mengendalikan rasa lapar.

Membantu memperlambat pengosongan pada lambung sehingga rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.

3. Membantu Penyerapan Vitamin.

Lemak berfungsi sebagai media untuk transportasi beberapa vitamin yang larut dalam lemak vitamin A, D, E, dan K. Tanpa mengkosumsi lemak tentunya tubuh Anda akan kekurangan vitamin bukan? Dan dapat menyebabkan timbulnya penyakit akibat tidak terserapnya vitamin.

4. Membantu Melindungan Organ Tubuh

Lemak penting untuk melindungi tubuh kita, untuk membantu mengatur suhu tubuh, dan melindungi kita dari hawa yang sangat panas dan dingin. 

5. Membantu Proses Produksi Hormon Prostaglandin.

Hormon yang berperan dalam proses pembekuan darah, membantu denyut jantung, dan sistem saraf.

6. Bantalan Pelindung Organ Tubuh dari Benturan.

Lemak mengelilingi dan melindungi organ-organ vital, dan menjaga persendi dari benturan.

7. Kesuburan.

Lemak tubuh membantu untuk memastikan produksi hormon, termasuk hormon seks. Wanita, yang memiliki lemak tubuh sangat rendah, cenderung memiliki kadar estrogen yang juga rendah. Hal ini bisa berakibat terhentinya menstruasi.

8. Membantu Regenerasi sel.

Lemak adalah bagian dari struktur sel-sel kita, yang penting untuk memelihara dan regenesi sel.

Pada kenyataannya sumber makanan yang mengandung kadar lemak tinggi meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, diabetes, kolesterol, liver, dan ganguan hormon kesuburan dan Obesitas.

Fungsi utama lemak sumber tenaga, mengendalikan rasa lapar, membantu penyerapan vitamin, regenerasi dan kesehatan sel, produksi hormon, melindungi persendian dll.

Dengan mengetahui peranan lemak bagi tubuh tentunya kita tidak mungkin menghidari makanan yang mengandung lemak terutama lemak esensial dalam menu makanan kita sehari-hari bukan? Terima kasih atas kunjungan Anda dan membaca 8 Peranan Lemak Sebagai Bagian dari Makronutrisi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "8 Peranan Lemak Sebagai Bagian dari Makronutrisi "

Posting Komentar