Gejala Penyakit Diabetes Tipe 2 yang Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Diabetes Tipe 2 yang Harus Diwaspadai

Diabetes mellitus tipe 2 atau kencing manis adalah  penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, serta  tingginya  timbunan lemak didalam jaringan tubuh ( obesitas ) semakin banyak lemak pada jaringan tubuh, semakin tinggi pula resistensinya terhadap insulin. Sedangkan Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kelainan genetik yang dibawa sejak lahir.

Penyakit diabetes tipe 2 harus diwaspadai karna sulit mendeteksi gejala awal, dan sering dianggap remeh. Cendrung terlambat mendapatkan pertolongan medis, tentunya membahayakan terhadap kesehatan mereka bukan?

Menurut data statistik pada tahun 2010, di seluruh dunia, diperkirakan sekitar 285 juta orang menderita diabetes terutama tipe 2. Di Indonesia sendiri, pada tahun 2007, jumlah penderita mencapai 5,7 persen dari jumlah penduduk, dan terus meningkat. Bahkan, data statistik memperkirakan jumlah penderita akan meningkat sampai dua kali lipat pada tahun 2030. Mengingat banyaknya jumlah penderitanya, dari semua golongan usia anak-anak, bahkan dewasa.  Baiknya kita mengenal lebih dekat gejala awal penyakit yang satu ini.

Gejala Awal Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2 yaitu ;

Gejala Diabetes Utama

Gejala ini dapat berkembang dengan cepat dalam hitungan minggu atau bulan, tetapi dapat juga berjalan lambat atau bahkan tidak jelas yaitu ;

1. Sering Buang Air Kecil ( Poliuri )

Gejala awal bagi diabetes yaitu volume air seni ( urin ) yang abnormal yang berlebihan hingga tiga liter perhari atau melebihi. Dalam kondisi normal pengeluaran urin sehari untuk orang dewasa satu sampai dua liter perhari.

2. Sering Haus (Polidipsi).

Jika kadar gula darah dalam tubuh seseorang tinggi, maka glukosa yang tidak bisa dimetabolisme akan ikut terbuang melalui urine. Hal ini menyebabkan urine menjadi lebih kental, sehingga membutuhkan air untuk mengencerkannya. Air yang digunakan ini diambil dari dalam tubuh.  Akibatnya tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga membutuhkan banyak minum.

3. Sering lapar (polifagi).

Otak mengira kurang energi itu karena kurang makan sehingga tubuh berusaha meningkatkan asupan makanan dengan mengirimkan sinyal lapar. Padahal kekurangan energy tersebut disebabkan oleh kurangnya metabolisme  insulin untuk memasukkan gula ke sel membuat otot yang  menyebabkan tubuh lemas karna kurangnya pasokan energi.

Gejala Diabetes Lainnya

Biasa penderita diabetes akan mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, mudah lelah, mual, muntah, rasa tidak enak di perut, penglihatan menjadi kabur, warna kulit menjadi lebih gelap, adanya luka yang sulit sembuh, kesemutan dan mati rasa pada kaki.

Mengetahui Hasil Pengetesan Gula Darah

Selain dengan adanya gejala-gejala di atas, diagnosis diabetes mellitus juga harus ditegakkan melalui pemeriksaan laboratorium . Hasil pemeriksaan laboratorium yang menunjang diagnosis diabetes adalah:

Positif  Dabetes

Kadar gula darah puasa lebih atau sama dengan 126 miligram per desiliter ( mg/dl ). Kadar Glukosa darah 2jam setelah makan atau setelah pemberian 75g glukosa oral pada tes toleransi glukosa mencapai 200 mg/dl.

Pradiabetes

Kadar gula darah puasa berkisar antara 110 sampai dengan 125 miligram per desiliter ( mg/dl ).  Kadar Glukosa darah 2jam setelah makan atau setelah pemberian 75g glukosa oral pada tes toleransi glukosa antara 110 sampai dengan 199 mg/dl.

Normal

Kadar gula darah puasa kurang dari 90 miligram per desiliter ( mg/dl ).  Kadar Glukosa darah 2jam setelah makan atau setelah pemberian 75g glukosa oral pada tes toleransi glukosa kurang dari 110 mg/dl.

Diagnosis ditegakkan apabila terdapat gejala yang jelas dengan salah satu hasil laboratorium positif, sedangkan hasil yang positif tanpa ada gejala yang jelas harus dikonfirmasi melalui pemeriksaan ulang satu atau lebih dari metode di atas pada hari yang lain.

Dengan mengetahui gejala penyakit diabetes diharap kita lebih mawas diri dalam menjaga kesehehatan kita, terutama dalam tindakan pencegahan diabetes melalui pola hidup yang sehat. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Gejala Penyakit Diabetes Tipe 2 yang Harus Diwaspadai"

Posting Komentar