Cara Pengobatan Penyakit Diabetes Mellitus yang Sehat




Tujuan pengobatan  diabetes mellitus adalah menjaga kadar gula darah penderita sampai mendekati atau mencapai batas normal yaitu kisaran gula darah puasa 90 sampai 130 mg/dL, tanpa menyebabkan hipoglikemia  atau penurunan kadar gula darah di bawah normal, sehingga dapat memperlambat atau bahkan mencegah terjadinya komplikasi-komplikasi  yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

Cara Mengobati Diabetes Mellitus

A. Perubahan Prilaku Gaya Hidup

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan yang ideal akan membantu menjaga kestabilan gula darah, tekanan darah dan kolesterol.

2. Berhenti Merokok

Merokok meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Makan makanan yang sehat

Pola makan yang disarankan adalah pola diet rendah lemak, garam dan gula. Namun, bukan berarti harus pantang gula dan lemak sama sekali. Gula dan lemak dapat dikonsumsi dalam porsi sedang.

4. Olahraga

Olahraga yang sebaiknya dilakukan adalah olahraga teratur dengan durasi minimal 30 menit setiap hari, sebanyak lima kali dalam seminggu. Olahraga rutin membantu untuk tetap sehat dan menjaga berat badan tetap ideal. Sedangkan jenis olahraga yang dianjurkan adalah yang bersifat aerobic, seperti jalan kaki, bersepeda santai, jogging, dan berenang.

B. Pemberian Obat-obatan


Diabetes mellitus tipe 1 harus mendapatkan suntikan Insulin, sedangkan diabetes mellitus tipe 2 dapat diberikan obat-obatan oral, suntikan insulin, atau kombinasi keduanya. Berikut penjelasan singkat obat-obatan pada Diabetes Mellitus:

1. Sulfonilurea

Sulfonilurea adalah obat-obatan pilihan pertama yang diberikan bagi pengelolaan diabetes yang tidak tergantung pada insulin. Obat ini merangsang pelepasan insulin oleh sel-sel beta dari pulau-pulau Langerhans di dalam pankreas. Namun, obat ini tidak merangsang produksi insulin. Sulfonilurea biasanya direkomendasikan 30 menit sebelum makan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

2. Biguanida

Obat ini menurunkan penyerapan karbohidrat dan memajukan, oksidasi karbohidrat di dalam jaringan. Oksidasi adalah proses di mana kandungan oksigen pada suatu senyawa kimia meningkat. Biguanida juga mengurangi pengubahan lemak dan protein menjadi glukosa di dalam hati.

3. Insulin

Insulin dari luar diberikan untuk memenuhi kekurangan insulin dalam tubuh dan untuk menjaga agar sel-sel beta pankreas tidak mengalami kelelahan dalam memproduksi insulin. Insulin hanya dapat diberikan melalui suntikan, dengan menyuntikkan jarum yang sangat kecil ke bawah kulit pada lengan, paha, atau dinding perut.

Pengobatan diabetes harus dilakukan secara terus menerus untuk mencegah terjadinya komplikasi. Kadar gula darah yang normal pada satu kali atau beberapa kali pemeriksaan bukanlah sebab untuk menghentikan pengobatan.

Pemantauan terhadap kadar gula darah harus terus menerus dilakukan secara berkala, baik di laboratorium maupun secara mandiri dengan menggunakan glukometer. Selain itu, perlu juga dilakukan pemeriksaan laboratorium lain yang kaitan, seperti kadar kolesterol darah. Hasil-hasil pemeriksaan darah tersebut hendaknya dikonsultasikan secara rutin ke dokter, sehingga dokter dapat memantau perkembangan penyakit. Semoga bermanfaat

1 Response to "Cara Pengobatan Penyakit Diabetes Mellitus yang Sehat"

  1. Tentunya dengan pola makanan yang sehat sangat wajib kita terapkan agar kondisi kita tetap terjaga dan sehat slalu ya mas

    BalasHapus