Penyebab Jerawat Di Wajah yang Harus Diketahui


Penyebab Jerawat Di Wajah yang Harus Diketahui


Penyebab jerawat di wajah yang harus diketahui. Kulit wajah yang cantik, bersih, mulus dan sehat serta bebas dari jerawat merupakan harapan dari semua orang. Namun, “ Wajah berjerawat ataupun mempunyai bekas jerawat”, merupakan masalah kesehatan kulit yang selalu dikeluhkan khusus oleh para remaja.

Seseorang yang mengalami jerawat, biasanya mengalami berbagai perasaan seperti tidak nyaman, tidak percaya diri, minder dan ingin sekali segera menghilangkan jerawat tersebut dari wajahnya.

Bagaimana Gejala Awal Timbul Jerawat Wajah.

Gejala munculnya jerawat biasanya berupa bintik merah menonjol dan sakit, dapat terisi nanah, biasanya dibagian wajah. Selain di wajah, bintik merah tersebut bisa juga timbul di bagian kulit kepala, leher, bahu, dada bagian atas, lengan bagian atas, dan punggung. Selain itu, jerawat bisa muncul sebagai bintik putih atau hitam yang menonjol dan tidak sakit. Bila terkena infeksi, jerawat bisa berubah menjadi bisul dan bernanah.

Penyebab Jerawat yang Harus Diketahui

” Secara sederhana jerawat timbul karna peradangan lokal,dan tersumbatnya kelenjar minyak atau pori pada kulit oleh debu dan kotoran terinfeksi bakteri ”.

Namun beberapa faktor lain penyebab jerawat, antara lain;

1. Perubahan Hormon yang Meransang Produksi Minyak Berlebihan pada Kulit

Peruban hormon dalam tubuh terjadi  pada masa kehamilan, menstruasi, psikis atau kejiwaan (stress) akan meningkatkan produksi minyak berlebih. Hal ini menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut (kantong kelenjar yang kecil dan sempit)  dan pori-pori kulit. Penyumbatan tersebut terjadi tumpukan miyak berlebih dikulit terinfeksi bakteri menyebabkan peradangan. Peradangan tersebut yang memicu terjadinya jerawat.

2. Sel Kulit Mati Bercampur Dengan Debu

Debu dan kotoran yang berasal dari luar menempel pada kulit berminyak, kemudian masuk kedalam pori-pori kulit. Kotoran tersebut menumpuk bersama sel-sel kulit mati yang jelas dibiarkan akan menjadi media yang baik bagi pertumbuhan bakteri dan pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat berupa bintik hitam dan putih.

3. Infeksi Bakteri pada Kelenjar Minyak

Bakteri penyebab jerawat disebut dengan Propionibacterium acnes yaitu anggota flora kulit dan selaput lendir manusia. Bakteri tersebut  ikut serta dalam fotogenesis jerawat dengan menghasilkan lipase, yang memecahkan asam lemak bebas dari lipid kulit. Asam lemak ini dapat menimbulkan radang jaringan dan ikut menyebabkan jerawat.

4. Bahan Kosmetik

Bahan kosmetik yang berbasis minyak dan sampo atau produk perawatan rambut lainnya yang mengandung minyak atau lemak dapat menyebabkan terjadinya jerawat. Orang yang wajahnya berjerawat sering menggunakan sabun secara kuat untuk mengatasi kulit wajahnya yang berjerawat, dengan tujuan mengurangi minyak yang ada dipermukaan kulitnya. Hal ini tidak mampu untuk mengurangi produksi minyak dan dapat memperburuk kondisi jerawat.

“ Sebaiknya gunakan produk kosmetik yang tidak memicu jerawat adalah yang berbasis air atau non komedogenik”

Kulit berminyak banyak dialami oleh orang yang berada didaerah tropis, disebabkan pengaruh sinar matahari yang terlalu panas sehingga kelenjar minyak (sebaceous gland) sangat produktif dan tidak mampu mengontrol jumlah minyak (sebum) yang harus dikeluarkan.

5. Makanan yang Dikosumsi

Makanan yang memicu jerawat seperti makanan pedas, makanan berminyak terutama, makanan cepat saji , gorengan, softdrink,dll. Sebaiknya dihindari

Ada baiknya kita coba mengkomsumsi makanan yang bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat, dan bermanfaat bagi kulit seperti ; makanan yang tinggi kandungan vitamin A,B, C,dan E, mineral, dan antioksidan yang baik untuk regenerasi sel-sel kulit yang telah mati dan membantu mencegah jerawat.

6. Paparan Sinar Matahari

Kulit berminyak banyak dialami oleh orang yang berada didaerah tropis, disebabkan pengaruh sinar matahari yang terlalu panas sehingga kelenjar minyak (sebaceous gland) sangat produktif dan tidak mampu mengontrol jumlah minyak (sebum) yang harus dikeluarkan.

7. Sering Begadang

Kulit butuh istirahat sama seperti tubuh kita. Malam hari adalah saat terbaik bagi kulit untuk beregenerasi. Kurang tidur akan membuat keseimbangan kerja kulit jadi terganggu sehingga bisa menimbulkan banyak masalah.

Dengan Mengetahui Penyebab jerawat diharapkan kita mampu mencegahnya. Demikian Penyebab jerawat di wajah yang harus diketahui. Semoga bermanfaat.


0 Response to "Penyebab Jerawat Di Wajah yang Harus Diketahui"

Posting Komentar