Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Tanpa Obat


Cara Menghilangkan  Bekas Jerawat Secara Alami Tanpa Obat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Tanpa Obat. Jerawat oh jerawat adalah salah satu masalah yang sering bikin para remaja galau. Hampir semua remaja pasti mengalami yang namanya jerawatan. Sangat menyebalkan bukan? Pede bakal menyusut drastis. Keluar rumah aja malas, apalagi ketemu teman. Lalu gimana dong cara menghilangkan bekas jerawat secara alami?

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Tanpa Obat

Nah penghilangan noda hitam bekas jerawat dengan cara alami, dapat dengan bahan-bahan herbal yang mudah kita temui disekitar kita. Yang tanpa kita sadari dapat membantu untuk menghilangkan jerawat. Entah itu kita kosumsi untuk pengobatan dari dalam, ataupun dengan mengunakan masker , pembersih wajah sebagai metoda pengobatan dari luar.  Tentunya metoda menghilangkan masalah jerawat ini sangat aman dan tidak memiliki efek samping, antara lain :

Menghilangkan Bekas Jerawat Melalui Obat Tradisonal

1. Buah mengkudu dan Gula Batu

Buah mengkudu 2 buah dan 2 ruas jari gula batu dihaluskan atau diblender dengan segelas air 200 cc , kemudian saring dan rebus hingga mendidih. Ramuan diminum saat masih hangat setiap pagi satu jam sebelum makan. Ramuan ini akan membersihkan darah kotor. Darah kotor ini merupakan salah satu penyebab terjadinya jerawat dan membantu untuk menghilangkan bekas jerawat.

2. Temulawak, Daun Mimba dan Pegagan

Temulawak 5 iris, daun mimba 7 lembar, dan pegagan 30 gram. Semua bahan direbus dengan 5 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas. Hasil rebusan tersebut diminum 2 kali sehari masing-masing 2 gelas. Selama proses penyembuhan, penderita jerawat, hindari mengkonsumsi makanan lemak jahat, minyak hewani, santan, otak, telur,kacang tanah, jeroan dan makanan pedas.

3. Mengkosumsi Makanan Baik untuk Membantu Regenerasi Sel- Sel Kulit

Perbanyak kosumsi makanan dan minuman yang sehat, segar, dan kaya akan nutrisi yang membantu regenerasi sel-sel kulit  seperti ; Vitamin ( A, B kompleks, C, dan E ), Mineral, dan Antioksidan. Sebagai upaya pengobatan jerawat dari dalam tubuh seperti ;  aneka buah-buahan dan sayuran.

Baca Juga : Penyebab Jerawat

Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Mengunakan Masker, Pembersih  Wajah Terbuat dari Bahan Herbal

1. Air Perasan Jeruk  Nipis Dikombinasikan dengan Madu

Air dari perasan jeruk nipis mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Air perasan jeruk nipis bisa membantu mengurangi iritasi dan pembengkakan kulit dan menetralisir rasa sakit akibat jerawat sehingga membantu menyembuhkan sekaligus memperhalus kulit dan menghilangkan bekas jerawat.

Kandungan madu sangat kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan potassium yang dapat digunakan sebagai pelembab, penyegar bahkan masker wajah. Karena, “dalam madu terdapat kandungan zat antiseptik yang berguna untuk membunuh bakteri pada wajah. Sifat antibakteri madu membantu mengatasi infeksi pada luka sedangkan aksi anti inflamasinya dapat mengurangi nyeri yang berpengaruh pada proses penyembuhan dan menghilangkan bekas jerawat.

Caranya ; sebuah  jeruk nipis diperas lalu diambil airnya kemudian dicambur dengan 1 samapi 2 sdm madu. Lalu dioleskan secukupnya pada bagian wajah yang berjerawat, tunggu sekitar 10 sampai 20 menit kemudian bersihkan wajah dengan air bersih dan lakukan 2 sampai 3 kali perminggu.

2. Biji Berry

Biji berry mengandung kadar antioksidan, Vitamin C& E, beta-karoten, Mineral, peran penting dalam menjaga kulit dan melawan keriput. Biji berry memiliki dua sifat penting yakni anti-bakteri dan anti-jamur. Oleh karenanya, buah ini dapat memberi perlindungan terhadap bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat. Dapat membatu menghilangkan noda hitam, dan bekas jerawat.

Biji berry secukupnya di kemudian diblender ataupun dihaluskan dengan air 200 cc kemudian dioleskan pada bagian muka yang berjerawat sebagai masker. Biarkan antara 10 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat kuku. Bersihkan dengan air bersih.

3. Daun sirih

Daun sirih sebanyak 5-10 lembar, kemudian direbus dengan 2 gelas air dalam wadah tertutup. Setelah mendidih, angkat dan diamkan hingga hangat-hangat kuku. Ramuan ini gunakan untuk mencuci muka berjerawat, sebaiknya dilakukan secara rutin menjelang tidur dan sehabis bepergian.

4. Bawang Putih, Kunyit, Kentang, Mentimun, dan Lidah Buaya

Setengah siung bawang putih, seruas jari kunyit dan sebutir kentang ukuran sedang tambah mentimun dan lidah buaya. Semua bahan dihaluskan dan dicampur hingga rata. Ramuan ini dioleskan ke seluruh permukaan kulit berjerawat sebagai masker, biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat, disusul dengan air dingin. Dapat menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat.

5. Perasan Air Jeruk Nipis dikombinasikan Dengan Mentimun dan Kentang

Sebuah jeruk nipis diperas dan sebuah mentimun atau bengkuang, dihaluskan dan diperas diambil airnya, kemudian campurkan. Oleskan campuran bahan ke seluruh permukaan kulit wajah sebagai masker, biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur 2 hari sekali. Jika jerawat terasa perih, pemakaian dihentikan.

6. Bunga Melati, Asam Jawa, Perasan Air Jeruk Nipis

Bunga melati sebanyak  20 kuntum, 2 jari asam jawa, 2 sendok makan sari jeruk nipis dan belerang sebesar kelereng, dicampur dan ditumbuk halus, kemudian oleskan pada kulit wajah berjerawat pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Ramuan ini dapat menyebabkan jerawat mengempis.

7. Alpukat dan Madu

Alpukat  memiliki kandungan lemak yang berkhasiat melembabkan kulit, karena itu cocok digunakan untuk perawatan kulit kering agar menjadi lembab, lembut dan kencang.

Caranya lumatkan 1 buah alpukat, campur dengan 1 sendok makan  madu dan aduk rata. Oleskan pada wajah biarkan selama ± 10 menit hingga mengering, bilas dengan air hangat.

8. Telur dan Perasan Jeruk Nipis

Pada telur terdapat dua bagian yang dapat dimanfaatkan yaitu kuning telur cocok digunakan untuk perawatan kulit kering dan normal. Caranya kocok 1 butir kuning telur tambahkan ½ perasan jeruk nipis dan parutan kulit jeruk nipis. Biarkan semalaman agar telur menyerap minyak dari kulit jeruk. Oleskan pada wajah kecuali daerah sekitar mata dan bibir, biarkan selama +10 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat.

Putih telur cocok digunakan untuk perawatan kulit berminyak dan dapat membantu mengencangkan kulit wajah yang kendur. Caranya kocok 1 butir putih telur tambahkan perasan ½ buah jeruk nipis dan parutan kulit jeruk nipis. Biarkan semalaman agar telur menyerap minyak dari kulit jeruk. Bubuhkan pada wajah dan biarkan selama + 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

9.  Mentimun dan Minyak Zaitun

Ramuan dari mentimun cocok untuk kulit berminyak karena dapat mengurangi kadar minyak yang berlebihan. Masker mentimun juga dapat memberi kesegaran pada kulit kusam dan terbakar sinar matahari serta dapat digunakan sebagai penyegar. Untuk masker, 1 buah mentimun diparut diambil airnya, campur dengan 1 sdm minyak zaitun dan 4 sdm susu segar matang, aduk rata. Oleskan pada seluruh wajah dan leher, biarkan selama +15 menit, bilas dengan air hangat. Untuk penyegar, parut 1 buah mentimun, saring dan ambil airnya. Dengan bantuan sepotong kapas oleskan air mentimun ke seluruh wajah.

10. Strawberri

Untuk kulit berminyak, masker strawberri sangat baik digunakan untuk meluruhkan sel kulit mati dan menyegarkan kulit kusam. Strawberri dicampur dengan havermout yang mengandung vitamin B1 dan mineral seng, strawberri dapat mempercepat regenerasi sel kulit mati dan melembutkan kulit kering. Untuk kulit berminyak, campur 50 gr buah strawberri dan 1 sdm havermout, proses dengan blender kemudian oleskan pada seluruh wajah dan leher sambil dilakukan pijatan ringan, biarkan kering dan bilas dengan air hangat.

Untuk kulit kering, panaskan 1 sdm mentega hingga meleleh, dinginkan kemudian campur dengan 75 gr strawberri segar dan proses denganblender. Oleskan pada seluruh wajah dan leher, biarkan mengering selama ± 15 menit, bilas dengan air hangat dan sabun khusus untuk wajah dan segera kenakan pelembab.

11. Tomat

Kandungan vitamin C dalam tomat selain bermanfaat bagi tubuh, juga sangat bagus untuk kesehatan dan kelembutan kulit. Pemakaian secara teratur dapat embantu memperkecil lubang pori-pori kulit. Caranya parut 1-2 buah tomat atau proses dengan blender, campur dengan 1 sdm susu bubuk dan 25 cc sari jeruk, kemudian aduk rata. Oleskan pada seluruh wajah dan leher sambil lakukan pijatan ringan, biarkan selama +15 menit, bilas dengan air hangat.

12. Kentang atau bengkoang

Masker kentang atau bengkoang dapat membantu mengurangi lingkaran hitam dan antung mata yang kerap muncul jika kurang tidur. Parut sebuah kentang atau bengkoang, bungkus hasil parutan, bisa langsung ditempel pada kelopak mata atau bila disaring diambil airnya bisa dioleskan pada seluruh wajah, sehingga hasilnya dapat memutihkan kulit.

13. Pisang

Sama seperti masker pepaya, masker pisang dapat digunakan untuk semua jenis kulit terutama untuk kulit berjerawat. Kandungan zat yang terkandung dalam pisang dapat membantu mengempiskan jerawat. Lumatkan 1 buah pisang ambon matang segera oleskan pada wajah dan leher, biarkan selama + 15 menit, bilas dengan air hangat dan kemudian basuh sekali lagi dengan air dingin.

14. Pepaya

Buah pepaya mengandung banyak kandungan gizi yang dapat mencegah penuaan ini dan meremajakan lapisan dermis dalam kulit. Masker dari buah pepaya cocok untuk semua jenis kulit dan dapat membantu melembabkan kulit serta dapat meluruhkan sel kulit mati. Caranya lumatkan ½ buah pepaya, oleskan pada wajah biarkan selama + 15 menit dan bilas dengan air hangat.

15. Apel


Zat yang terdapat dalam apel dapat menetralisir minyak yang berlebihan pada wajah hingga cocok digunakan untuk kulit berminyak. Caranya parut 2 buah apel atau proses dengan blender, segera bubuhkan pada wajah, biarkan + 15 menit dan bilas dengan air hangat.


Waktu penyembuhan jerawat dan bekasnya berbeda pada setiap individu, tergantung respon kulit terhadap obat alami yang digunakan. Jika jerawat membandel, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kulit. 

Menghilang jerawat yang baik mencakup perawatan wajah sehari-hari, dan pemakaian masker pada wajah, ataupun obat minum alami bila perlu.  Adakah cara menghilangkan bekas jerawat? Jika jerawat sudah kering dan tidak meradang, terkadang tersisa bekas jerawat yang berwarna lebih gelap dari kulit sekitarnya, sebenarnya lambat laun bekas jerawat akan hilang dengan sendirinya seiring dengan pergantian kulit yang normal terjadi pada manusia.

0 Response to "Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Tanpa Obat "

Posting Komentar