Diet Kolesterol Untuk Jantung Lebih Sehat



Diet kolesterol untuk jantung sehat. Diet Kolesterol adalah memberikan  nutrisi bertujuan untuk mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat), menurunkan kadar gula darah dalam “ batasan normal”,  menurunkan tekanan darah, dan mengurangi berat badan “ Obesitas”. Dengan membatasi asupan lemak jahat (lemak jenuh dan lemak trans), dan garam.


” Diet Kolesterol merupakan salah satu cara untuk mengurangi faktor risiko yang dapat mengakibatkan penyakit aterosklrosis atau penyempitan pembuluh darah seperti jantung, dan stroke”.

Faktor Beresiko Terkena Penyakit Jantung Koroner


1. Obesitas Faktor Utama Penyakit Jantung


Akumulasi lemak berlebih dalam tubuh dapat mempercepat terjadinya penyakit jantung koroner karna terjadinya perubahan lipid ” lemak ” darah yaitu  kadar LDL kolesterol meningkat (kolesterol jahat, yaitu zat yang mempercepat penimbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah), penurunan kadar HDL-kolesterol (kolesterol baik, yaitu zat yang mencegah terjadinya penimbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah).

2. Gaya Hidup yang Tidak Sehat


Pola makan yang kurang sehat, merokok, mengkonsumsi alkohol, istirahat kurang, stres, kurangnya aktifitas fisik, dll yang dapat memicu penyakit jantung.

Menurut data statistik penyakit aterosklrosis atau penyempitan pembuluh darah seperti jantung, dan stroke  , sampai saat ini masih merupakan pembunuh utama di dunia.

Cara Diet Kolesterol Untuk Jantung Sehat yang Disarankan


Untuk dapat mengurangi risiko terjadinya jantung dan stroke,dengan menu sehat bagi jantung  yaitu  tidak membebani jantung yang dapat meningkatkan resiko. Antara lain ;

1. Menjaga Berat Badan Ideal.


Jumlah makanan yang dikonsumsi hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan tubuh agar tidak terjadi kelebihan kalori yang akan mendorong terjadinya kegemukan dan obesitas sehingga akan meningkatkan risiko penyakit  jantung Anda.

”Sangat dianjurkan bagi penderita jantung ataupun stroke yang mengalami obesitas untuk diet menurunkan berat badan, agar menurunkan kadar lemak tubuh, untuk menimalisasi resiko penyakit jantung”.

2.  Batasi  Asupan Lemak Jahat


Membatasi konsumsi lemak dari makanan di bawah 30 persen dari total kalori sehari dan jenis lemak jenuh serta lemak trans tidak lebih dari 10 persen total kalori harian. Jenis lemak yang kaya omega 3 dan 6 harus diutamakan.

3. Memparbanyak Kosumsi Serat


serat larut maupun serat tak larut. Serat banyak dijumpai pada karbohidrat kompleks seperti whole grains. Sedangkan serat larut seperti pektin banyak pada oats, buah-buahan dan sayur-sayuran.

Serat larut diperlukan tubuh untuk memperbaiki kadar lemak darah yang tidak normal dan mempertahankan tekanan darah melalui kandungan vitamin maupun mineral yang terdapat di dalamnya. Tambahan 5 sampai 10 gram serat larut setiap hari akan menurunkan kadar LDL kolesterol sampai sekitar 5 persen.

4. Mengkonsumsi asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12


Dapat menurunkan kadar homosistein sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Asam folat banyak dijumpai pada hati sapi, kacang-kacangan, bayam, cereal dan beets. Vitamin B6 banyak pada pisang, ubi jalar. kentang, dada ayam, bayam. Sedangkan vitamin B12 banyak ditemukan pada hati ayam, ikan sarden, ikan tuna.

5. Mengkosumsi antioksidan


Antioksidan diperlukan untuk mencegah oksidasi LDLkolesterol oleh radikal bebas yang didapat dari polutan sekitar kita seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan lainnya. Bahan makanan yang kaya akan antioksidan seperti vitamin A, B, C, E, Zn, Se, dan likopen terutama terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Oleh karena itu, konsumsi sayur dan buah dianjurkan sebanyak 5 hingga 6 porsi sehari.

6. Membatasi Kosumsi Kabohidrat Sederhana


Batasi konsumsi makanan yang diberikan pemanis tambahan berupa glukosa, fruktosa, maltosa, dekstrosa, minuman bersoda dan sirup jagung dan lainnya sebanyak 10 persen sehari.

7. Membatasi Asupan Garam Harian


Kurangi asupan garam sebanyak kurang dari 6 gram/hari atau 2300 mg/hari. Garam atau makanan asin dapat meningkatkan tekanan darah.

8. Meningkatkan Asupan Protein Harian


Makanlah makanan dengan kadar protein yang cukup seperti protein nabati yang terdapat pada kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol sekitar 7 sampai 10 persen.

9. Menjaga Kecukupan Air Dalam Tubuh


Jagalah kadar cairan tubuh anda dengan minum 8 gelas perhari


Akhir kata dengan memperhatikan Cara Diet kolesterol untuk jantung akan menimalisasi dari penyakit jantung dan stroke. Semoga bermanfaat

0 Response to "Diet Kolesterol Untuk Jantung Lebih Sehat"

Posting Komentar